Cirebon (ANTARA) - Forum Komunikasi Lintas Iman (Forkolim) Cirebon, Jawa Barat, siap memenangkan dan mendukung pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres, karena bisa menjaga kebhinekaan.

"Kita membutuhkan pemimpin yang bisa menjaga kebhinekaan dan itu terdapat pada Jokowi-Ma'ruf," kata Penanggungjawab deklarasi, Nemi Mu'tasimbillah di Cirebon, Minggu.

Menurutnya, dukungan yang diberikan kepada Jokowi-Ma'ruf ini, karena bisa menjaga kebhinekaan di Indonesia, selain itu, Jokowi juga bisa diterima oleh seluruh kalangan.

Nemi mengatakan selain deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf, pihaknya juga melakukan deklarasi menolak intoleransi, berita hoaks dan ekstrimisme agama.

"Kegiatan ini merupakan inisiatif masyarakat yang peduli terhadap Indonesia," ujarnya.

Nemi berharap jika nanti Jokowi-Ma'ruf terpilih bisa terus menjaga kebhinekaan di Indonesia. Selain itu dia juga meminta Jokowi untuk bisa terus mempertahankan ideologi pancasila sebagai falsafah negara.

Dia mengatakan untuk membuktikan adanya toleransi antar agama dan golongan, digelar juga arak-arakan dengan melibatkan kesenian tradisional.

Di mana saat arak-arakan, dihadirkan kesenian burok yang merupakan asli Cirebon dan dipadukan dengan kesenian Barongsai.

"Ini bukti bahwa kebhinekaan di Indonesia bisa dirawat dengan baik," tuturnya.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Baca juga: Presiden hadiri Deklarasi Pengemudi Truk pelopor keselamatan

Baca juga: DKM Banten deklarasi dukung Jokowi-Ma'ruf

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019