Garut (ANTARA) - Masyarakat yang tergabung dalam Jaringan Tokoh dan Simpul Masyarakat Desa Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan dukungan politik kepada pasangan calon Presiden Joko Widodo-KH Maruf Amin untuk menang dalam Pemilu 2019.

"Kami sangat mendukung Bapak Jokowi - KH Maruf Amin untuk menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024," kata Ketua Jaringan Tokoh dan Simpul Masyarakat Desa, Kabupaten Garut, Indra Permana usai deklarasi dukungan untuk Jokowi-Maruf Amin di Garut, Jumat.

Ia menuturkan, masyarakat desa harus maju mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang saat ini berkembang pesat tanpa melupakan nilai-nilai kearifan lokal.

Masyarakat desa termasuk di dalamnya ada petani, kata dia, telah berkontribusi dan berperan besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, salah satunya berjuang menanam padi untuk kebutuhan pangan negara.

"Masyarakat desalah (petani) yang berjuang menanam padi untuk ketersediaan beras untuk kebutuhan nasional," kata Indra didampingi Dewan Penasehat Jaringan Tokoh dan Simpul Masyarakat Desa, Asep A Hidayat.

Ia menyampaikan, masyarakat desa merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pembangunan nasional dengan menjaga swasembada pangan nasional.

Perjuangan masyarakat desa itu, kata dia, telah mendapatkan perhatian dari Presiden Jokowi dalam masa kepemimpinannya dengan meningkatkan anggaran dana desa untuk pembangunan desa.

"Kami sangat bangga dan berterimakasih pada Jokowi yang telah meningkatkan anggaran dana desa untuk kemajuan dan mensejahterakan masyarakat desa," katanya.

Ia berharap, kepemimpinan Jokowi kembali dilanjutkan bersama KH Maruf Amin untuk membangun bangsa lebih maju dan masyarakatnya sejahtera.

"Kami yakin Bapak Jokowi dengan didampingi ulama besar KH Maruf Amin pasangan yang sederhana, memiliki kesalehan sosial akan mampu memimpin dan membawa bangsa dan negara ini menjadi negara maju, kuat, adil dan makmur," katanya.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu no urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan no urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019