Apalagi Sumsel rawan terbakar karena banyak lahan gambut
Palembang (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, Sumatera Selatan harus membentuk tim gabungan untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Apalagi Sumsel rawan terbakar karena banyak lahan gambut," katanya usai menghadiri rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Palembang, Selasa.

Tim gabungan itu nanti, katanya, bertugas menyosialisasikan kepada masyarakat untuk merawat lingkungan. Begitu juga untuk lahan gambut masyarakat diajak menanam pohon yang bermanfaat bagi kehidupan.

Ia mengatakan bahwa memang untuk jenis pohon sendiri akan dikaji pakar dan tanaman apa yang paling cocok serta bermanfaat. Penanaman kembali lahan tersebut penting mengingat areal gambut rawan terbakar.

Selain itu pencegahan secara dini itu harus dilaksanakan mengingat bila terjadi kebakaran dampaknya sangat luas bahkan kerugian lebih besar.

Bahkan, katanya, kerugian akibat bencana bukan saja harta tetapi juga kerusakan lingkungan yang cukup serius.

Oleh karena tim tersebut perlu segera dibentuk selanjutnya diserahkan pada Gubernur Sumsel untuk diketahui sekaligus disetujui.

Tim yang juga terdiri atas unsur dari media, ulama, dan masyarakat itu nantinya akan bermalam di lokasi penyuluhan.

Mereka mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan dalam membuka lahan dengan cara tidak membakar, demikian Doni Monardo.


Baca juga: BPBD Sumsel segera tetapkan siaga karhutla


Baca juga: 5 helikopter pembom air atasi karhutla di Sumsel

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019