Bogor, Jabar, (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengajak siswa siswi dan pengajar SMA Taruna Nusantara untuk merespon perubahan dunia yang terjadi begitu cepat.

 "Saya kira saudara tahu sekarang yang namanya internet, Artificial Intelegence, 3D printing, Virtual Reality, yang namanya big data, di keuangan ada bitcoin, cryptocurrency, ini barang-barang apa. Kita harus mengerti, kita harus tahu, karena kalau tidak, kita hanya belajar rutinitas, padahal perubahan (terjadi) diluar," ujar Presiden dalam sambutannya saat acara pengarahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara Tahun 2019, di Istana Kepresidenan Bogor, pada Senin.

Menurut Presiden, perubahan dunia karena pemanfaatan teknologi terjadi begitu cepat.

Untuk menghadapi kemajuan perkembangan dunia dan revolusi industri ke-4, Indonesia harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, tambah Jokowi.

Sementara itu Kepala Negara meminta SMA Taruna Nusantara mengenalkan dan memanfaatkan perkembangan teknologi itu kepada siswa siswi dalam pendidikannya.

"Apalagi boarding school 24 jam, ini memberi keleluasaan saudara-saudara untuk belajar lebih banyak full 24 jam. Apalagi di era digital ini belajar bisa dari mana saja. Sumber belajar mudah sekali diperoleh," kata mantan Walikota Solo itu.

Baca juga: Presiden mengabsen siswa Taruna Nusantara dari Sabang-Merauke ingatkan persatuan

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019