Surabaya (ANTARA News) - Pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama empat tahun terakhir telah membuka sekitar 10,5 juta lapangan pekerjaan baru, kata seorang pengurus fungsionaris dari salah satu partai politik pengusung calon presiden petahana.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa, Muhammad Hanif Dhakiri, menyebut "Sampai hari ini masa pemerintahan Presiden Jokowi masih terhitung empat tahun dan telah membuka sekitar 10,5 juta lapangan pekerjaan. Artinya selama masa pemerintahan Jokowi telah terbuka sekitar 2 juta lapangan pekerjaan pertahun."

Dhakiri katakan itu saat berkampanye untuk pasangan calon presiden nomor urut 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Surabaya, Sabtu.

Politisi yang juga menteri ketenagakerjaan itu memastikan pemerintahan era Jokowi telah berhasil menekan angka pengangguran, dari semula berjumlah 6,1 persen menjadi 5,3 persen.

"Angka pengangguran sebesar 5,3 persen ini tercatat sebagai yang paling rendah selama masa reformasi," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyebut Jokowi selama empat tahun terakhir telah menekan angka kemiskinan di bawah 10 persen. "Tepatnya angka kemiskinan di Indonesia sekarang adalah 9,8 persen. Itu merupakan angka paling rendah sepanjang sejarah," ucapnya.

Pewarta: Slamet Sudarmojo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019