Aksi "Lhokseumawe Clean City" diikuti ratusan peserta dari berbagai komunitas, peguyuban, dan kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi
Lhokseumawe, Aceh (ANTARA News) - Kalangan mahasiswa bersama berbagai komunitas pemuda melakukan aksi memungut berbagai sampah di Pantai KP3 Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, Minggu, untuk menjaga kebersihan kawasan itu.

Ketua panitia kegiatan itu, Adil Vakhri, di Lhokseumawe, Minggu, mengatakan aksi yang dinamakan "Lhokseumawe Clean City" tersebut, diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai komunitas, peguyuban, dan kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Lhokseumawe.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang mereka lakukan itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Oleh karena kegiatan itu diikuti peserta yang umumnya kalangan mahasiswa, kata dia, sehingga dilakukan pada Minggu.

Tujuan kegiatan itu supaya masyarakat memiliki kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya, terutama lingkungan pantai yang harus selalu dijaga kebersihannya, sehingga tetap indah dan sehat.

"Kita sangat mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menyadarkan kita semua tentang arti penting menjaga kebersihan pantai," kata Adil.

Berbagai sampah yang mereka dikumpulkan di sepanjang Pantai KP3 Lhokseumawe dimasukkan dalam kantong plastik, kemudian dikumpulkan dan diangkut oleh petugas dari instansi terkait yang menangani sampah di Kota Lhokseumawe.

Petugas kemudian membawa berbagai sampah itu, untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Lhokseumawe.

Dalam aksi itu, mereka memungut sampah-sampah yang bertebaran di pinggir Pantai KP3, antara lain sampah plastik biasa hingga sampah rumah tangga.

Sampah-sampah tersebut mereka pungut lalu dimasukkan ke kantong plastik warna hitam ukuran besar dan dikumpulkan.

Para peserta kegiatan dalam pengumpulan sampah berjalan menurut komunitas atau perkumpulannya masing-masing.

Menurut panitia, jumlah peserta kegiatan itu sekitar 700 orang.

Baca juga: TNI AL bersihkan pantai di Lhokseumawe

Baca juga: Danlanal Lhokseumawe ajak masyarakat pesisir jaga mangrove

Pewarta: Mukhlis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019