Purwakarta tata kawasan kumuh

id kawasan kumuh purwakarta,penataan kawasan kumuh,kota tanpa kumuh

PLT Sekretaris Daerah (SEKDA) Purwakarta, Iyus Permana melakukan survei Skala Kawasan di Kampung Benteng, Nagri Kaler Purwakarta. Kamis (7/2/2019). (purwakartakab.go.id)

Purwakarta, Jawa Barat (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta menjalankan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dalam upaya menata kawasan kumuh.

"Melalui program ini, wilayah kumuh di Purwakarta bisa hilang," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Purwakarta Iyus Permana di Purwakarta, Jumat.

Program Kotaku, menurut dia, akan mencakup penataan dan pengecatan bangunan, pelebaran jalan, dan penyiapan sarana transportasi di kawasan kumuh yang ada di Kampung Benteng, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan Purwakarta Kota.

"Akses jalan sekarang ini kurang besar, nanti akan kita perlebar, bisa jadi kita siapkan pula kendaraan khusus agar bisa menjangkau dan antar-jemput," katanya.

Iyus mengatakan bahwa dengan program Kotaku, pemerintah kabupaten ingin mengubah kawasan kumuh Kampung Benteng menjadi daerah tujuan wisata.

Koordinator Kotaku Purwakarta Yoyo Taryono menjelaskan penataan kawasan Kampung Benteng akan dilakukan dalam skala kawasan, dan akan mencakup pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

"Yang didalamnya bukan hanya sebatas RTH, tetapi fasilitas yang sesuai kepentingan dan kebutuhan masyarakat ada di sana," katanya.

Selain pembangunan sarana dan prasarana serta RTH, penataan kawasan kumuh Kampung Benteng yang berada di lahan seluas 15 hektare juga mencakup kegiatan edukasi bagi warga untuk menjaga dan merawat lingkungan.

Baca juga:
Yogyakarta yakin bisa capai target nol kawasan kumuh tahun ini
Kawasan kumuh Kota Mataram dibenahi dengan program "KotaKu"

 

Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar