Sumedang (ANTARA News) - Ibu Negara Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) mengharapkan anak-anak sekolah dasar dapat menjaga lingkungan sekitar.

"Saya harap ini tidak hanya sampai di sini saja, semua yang cuci tangan bisa setiap hari mencuci tangan, tidak hanya hari ini. Harapan saya, juga tadi ada penanaman pohon dan tadi ada lombok (cabai) juga, semoga bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan," kata Ibu Negara Joko Widodo di SDN Tanjungsiang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat pada Kamis.

Ibu Negara Joko Widodo, Ibu Mufidah Jusuf Kalla serta para istri menteri dalam Kabinet Kerja dalam OASE KK melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat dengan agenda antara lain sosialisasi cuci tangan, sosialisasi program aksi pemeriksaan IVA dan kegiatan IVA Test serta penanaman pohon.

Ibu Negara juga sempat melakukan senam bersama para pelajar sekolah dasar tersebut.

"Ayo tadi 'nyanyi' apa? Siapa berani maju? Ayo sini yang berani maju mendapat hadiah," kata Iriana di SDN Pangsor yang bersebelahan dengan SDN Tanjungsiang.
 
Ibu Negara Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) mensosialisasikan cuci tangan bersama dan penanaman pohon di sekolah dasar di Sumedang pada Kamis (7/2) (Desca Lidya Natalia)


Seorang anak bernama Imam Solihin pun maju memperkenalkan diri.

"Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Imam Solihin, panggilannya Imam dari SDN Pangsor kelas 6, rumahnya di Bunter," kata Imam.

"Sudah kelas 6 pasti belajar lebih banyak, sekolah jam berapa?" tanya Iriana.

"Jam 7 sampai 11.30," jawab Imam.

"Setelah itu?" tanya Iriana.

"Pulang," jawab Imam.

"Habis pulang?" tanya Iriana.

"Makan," jawab Imam.

"Sebelum makan?" tanya Iriana.

"Salat," jawab Imam lagi.

"Tadi diajari cuci tangan kan? Ayo coba Imam memeragakan cuci tangan sambil teman-temannya nyanyi yang keras. Ayo semangat pimpin nyanyi cuci tangan," kata Iriana di hadapan sekitar 100 anak SDN Pangsor yang duduk lesehan di hadapannya.
 
Ibu Negara Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) mensosialisasikan cuci tangan bersama dan penanaman pohon di sekolah dasar di Sumedang pada Kamis (7/2) (Desca Lidya Natalia)

   
Mereka pun akhirnya menyanyikan lagu enam tahap cuci tangan. Ibu Mufidah Jusuf Kalla pun tidak mau kalah. Ia memberikan pertanyaan kepada anak-anak.

"Anak-anak nanti kita makan ikan ya, coba sebutkan nama-nama ikan," kata Ibu Mufidah.

"Ikan gurame, patin, lele, nila, bawal," jawab Akbar.

"Bagus, sekarang coba ada yang sebutkan nama-nama binatang besar," minta Ibu Mufidah.

"Gorila, lumba-lumba, gajah, badak, banteng," jawab Hilda.

Semua anak yang berhasil menjawab kuis Ibu Negara dan Ibu Mufidah Kalla pun mendapat bingkisan hadiah.

Ibu-ibu OASE juga menyosialisasikan pengurangan penggunaan sampah dengan mengajak anak-anak membawa botol minuman sendiri, mengurangi pemakaian tas kresek dan bila berbelanja lebih baik membawa tas sendiri.

Ikut hadir dalam rombongan antara lain Erni Guntarti Tjahjo Kumolo selaku Ketua Umum OASE, Ratnawati Setiadi Jonan, Devi Simatupang istri Menteri Luhut Binsar Panjaitan, Endang Budi Karya, Marifah Hanif Dhakiri, Peggy Lukita, dan lainnya.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019