BMKG: Waspada potensi hujan dan petir di Jaktim, Jaksel, dan Jakbar

id bmkg,prakiraan cuaca jakarta,hujan,petir,jakarta

Illustrasi: Pria berpayung berjalan saat awan mendung menggelayut di atas kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat (ANTARFOTO/Andika Wahyu)

Jakarta (ANTARA News) -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan disertai petir atau kilat dan angin kencang di DKI Jakarta, terutama di Jakarta Timur (Jaktim), Jakarta Selatan (Jaksel), dan Jakarta Barat (Jakbar).

"Waspada potensi hujan disertai petir atau kilat dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jaktim, Jaksel, dan Jakbar antara siang dan sore hari," demikian diinformasikan BMKG di laman resminya, Jakarta, Sabtu.

BMKG memberikan informasi bahwa Jakarta Barat diperkirakan mengalami hujan ringan pada siang hari, dan hujan lokal pada malam hari.

Sementara Jakarta Pusat berpotensi hujan lokal di siang hari dan cerah berawan di malam hari. Jaksel diperkirakan mengalami hujan petir di siang hari dan cerah berawan di malam hari.

Sedangkan cuaca di wilayah Jakarta Utara berpotensi hujan petir di siang hari dan cerah berawan di malam hari. Kepulauan Seribu diperkirakan berawan di siang hari dan cerah berawan di malam hari.

BMKG juga memberikan peringatan dini terkait cuaca di Banten agar masyarakat waspada terhadap potensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Prakiraan cuaca itu terjadi di wilayah Kabupaten Lebak bagian Utara dan Tengah, Kabupaten Serang bagian Barat, Kabupaten Pandeglang bagian Barat, Kabupaten Tangerang bagian Selatan dan Kota Tangerang Selatan.

Kemudian, masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai potensi angin kencang di Cilegon, Kabupaten Serang bagian Barat dan Kabupaten Pandeglang bagian Barat.

BMKG juga memprakirakan cuaca di Jawa Barat dengan potensi terjadinya hujan yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Bogor, Depok, Purwakarta, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Sumedang, Majalengka, Subang, Ciamis, Banjar dan Pangandaran antara siang atau sore hingga malam hari.

Baca juga: BMKG peringatkan pasang air laut di Indonesia empat hari ke depan

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar