Tim Koarmada I temukan CVR Lion Air JT-610

id Pesawat lion air, CVR ditemukan, Koarmada I

Ilustrasi. Puing pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (5/11/2018). Pada operasi evakuasi badan pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 hari ke delapan tim SAR gabungan menemukan puing pesawat yaitu Emergency Locater Transmitter (ELT), Direction Flight, dan bagian roda pesawat ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.

 Jakarta (ANTARA News) - Tim Komando Armada (Koarmada) I, Jakarta berhasil menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan  JT-610 di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin pagi. 
 
"Iya berhasil ditemukan pukul 09.10 WIB," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmada I Letkol Laut (P) Agung Nugroho kepada wartawan, di Jakarta, Senin. 
 
CVR berhasil ditemukan oleh penyelam komando pasukan katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) I. CVR sudah diangkat dan diamankan di salah satu kapal pencarian. 
 
"Tim penyelam berhasil menemukan CVR pada pada kedalaman 8 meter dibawah dasar laut (kedalaman laut 30 meter)," kata Agung. 
 
Ia tidak mengetahui secara pasti lokasi penemuan CVR, tetapi diperkirakan tak jauh dari titik jatuhnya pesawat Lion Air itu di Perairan Karawang. 
 
Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 jatuh di perairan Karawang pada Senin, 29 Oktober 2018. Total ada 189 orang penumpang dan kru pesawat tujuan Pangkalpinang meninggal dunia.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar