Kami memberikan penghargaan kepada 18 mitra atas keberhasilan menggagalkan penyelundupan benih lobster
Jakarta  (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengapresiasi aparat yang telah menggagalkan penyelundupan benih lobster dari berbagai perairan Nusantara.

"Kami memberikan penghargaan kepada 18 mitra atas keberhasilan menggagalkan penyelundupan benih lobster," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP Rina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Pemberian penghargaan telah dilakukan oleh Kepala BKIPM di Kantor BKIPM Lampung pada akhir 2018.

Rina mengungkapkan rasa terima kasih atas kerja sama para mitra BKIPM, terutama dalam menangani berbagai kasus penyelundupan.

"Ke-18 mitra yang diberikan penghargaan itu 6 anggota Ditpolair Polda Lampung, 3 orang dari AVSEC, 4 anggota Polres Lamsel, dan 5 anggota Polres Tuba," katanya.

Ia mengungkapkan dari penggagalan penyelundupan itu, BKIPM juga telah menyelamatkan uang negara hingga Rp30 miliar.

Menurut dia, penyelundupan benih lobster itu tidak sesuai dengan prinsip berkelanjutan yang terus didorong oleh KKP.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengemukakan pentingnya melesatkan produksi perikanan yang menggunakan prinsip-prinsip berkelanjutan.

Berdasarkan data KKP, pertumbuhan produksi perikanan pada periode triwulan I-III setiap tahun mengalami peningkatan dari 5,36 juta ton pada 2015; 5,64 juta ton pada 2016; 6,12 juta ton pada 2017; dan 6,24 juta ton pada 2018.

Baca juga: Penyelundupan 315.000 benih lobster berhasil digagalkan sepanjang 2018
Baca juga: Polisi amankan benih lobster senilai Rp8,69 miliar

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019