Kami akan mengerahkan anggota Pemuda Bulan Bintang seluruh Indonesia untuk kembali menggelar aksi, serta mengajak jutaan elemen umat Islam untuk bergabung
Jakarta (Antara) - Ratusan massa dari Badan Otonom Partai Bulan Bintang berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar China di Jakarta, Jumat, memprotes kebijakan pemerintah Negeri Tirai Bambu yang dinilai diskriminatif terhadap etnis muslim Uighur.

Dalam aksi itu, perwakilan massa yang menjabat sebagai Ketua Umum Pemuda Bulan Bintang Azanil Kelana mengatakan, kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan memprotes pemerintah China, tetapi juga mendesak pemerintah Indonesia agar mengambil sikap tegas terhadap masalah yang tengah dialami etnis Uighur.

"Pemerintah Indonesia sebenarnya dapat ikut terlibat dalam tim investigasi maupun memberikan nota protes ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (terkait kasus Uighur)," sebut Azanil di sela aksi.

Perwakilan massa itu menyampaikan pihaknya cukup kecewa karena protes yang dilayangkan umat muslim Indonesia tidak mendapat tanggapan dari Kedubes China.

Apabila pihak Kedubes tidak merespon protes itu, Azanil mengatakan, pihaknya akan kembali berunjuk rasa. dengan jumlah massa lebib besar.

"Kami akan mengerahkan anggota Pemuda Bulan Bintang seluruh Indonesia untuk kembali menggelar aksi, serta mengajak jutaan elemen umat Islam untuk bergabung," terang Azanil.

Demonstrasi serupa bertajuk “Aksi Bela Uighur” sempat dilakukan ribuan umat muslim di Indonesia pada 21 Desember depan Kedubes China.

Aspirasi yang disampaikan pun tidak jauh berbeda, massa memprotes kebijakan pemerintah China yang dinilai diskriminatif terhadap etnis muslim Uighur.

Baca juga: Jika tidak dipenuhi, massa bela Uighur demo lagi
Baca juga: Warga Aceh gelar aksi bela muslim Uighur

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2018