Pemerintah siapkan dana darurat untuk perbaikan desa terdampak tsunami di Banten

id penanganan dampak bencana,dampak tsunami banten,tsunami selat sunda,bencana,banjir,longsor,gempa,erupsi

Warga membersihkan puing-puing rumah yang hancur karena gelombang tsunami di Kampung Pasauran, Serang, Banten, Kamis (27/12/2018). Pemerintah menyiapkan dana Rp1,98 triliun untuk penanganan dampak tsunami Selat Sunda. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Banten (ANTARA News) - Kementerian Dalam Negeri menyatakan telah menyediakan dana darurat untuk membantu perbaikan desa-desa di Banten yang rusak akibat tsunami Selat Sunda pada 22 Desember.

"Uang ada. Sementara kami siapkan Rp50 juta per desa," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat berkoordinasi dengan Gubernur Banten Wahidin Halim di kantor Gubernur Banten, Jumat. 

Dia meminta Pemerintah Provinsi Banten melakukan pendataan menyeluruh di desa-desa yang rusak akibat tsunami untuk memastikan pemberian bantuan tepat sasaran.

Tjahjo mengatakan di Banten pemerintah akan menerapkan pola penanganan bencana sebagaimana yang dilakukan di Palu dan Lombok. 

Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi gerak cepat pemerintah pusat dalam menangani dampak bencana tsunami di Banten. 

Wahidin mengatakan pemerintah provinsi memiliki anggaran dana untuk merehabilitasi desa-desa yang terdampak bencana, hanya membutuhkan dukungan peraturan untuk mengeluarkan dana tersebut.

"Kita ada anggaran, kita hanya perlu dibantu terkait aturannya saja," jelas Wahidin. 

Baca juga:
Mendagri serahkan bantuan korban tsunami kepada Gubernur Banten
Menpar tetapkan tiga strategi pemulihan pariwisata Banten

 

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar