Manado  (ANTARA News) - Kepala Seksi Observasi dan Informasi, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) Ricky Daniel Aror berharap warga mewaspadai gelombang setinggi 2,5-4,0 meter yang berpeluang terjadi di sejumlah perairan.

 "Peringatan dini ini berlangsung hingga tanggal 28 Desember 2018 pukul 08.00 WITA," kata Daniel di Manado, Rabu.

 Gelombang setinggi empat meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud serta Laut Maluku bagian Utara.

 Selanjutnya, untuk gelombang setinggi 1,25-2,5 meter diperkirakan terjadi di Laut Sulawesi bagian Tengah, perairan Bitung dan Manado, Laut Maluku bagian Selatan, serta perairan Selatan Sulut.

 "Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan pelayaran di daerah yang dikeluarkan peringatan dini diharapkan memperhatikan kondisi itu," ajaknya.

Daniel juga berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran.

Untuk perahu nelayan diharapkan memperhatikan kecepatan angin di atas 15 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Untuk kategori kapal tongkang agar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Sementara kapal Ferry, berhati-hati apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dengan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Selanjutnya, kapal berukuran besar seperti kargo dan kapal pesiar agar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dengan ketinggian gelombang di atas 4 meter.

Baca juga: BMKG: gelombang selatan Bangka capai empat meter
Baca juga: BMKG: sebagian Lampung berpeluang hadapi gelombang sampai dua meter
Baca juga: Waspadai gelombang tinggi pantai selatan

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018