Mari manfaatkan laut dengan maksimal. Laut Kepri kaya dengan beragam sumber daya
Batam,  (ANTARA News) - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, mengajak masyarakat memanfaatkan laut sebesar-besarnya untuk kesejahteraan bersama, sekaligus menjaga kelestarian laut bersama seluruh isinya.

"Mari manfaatkan laut dengan maksimal. Laut Kepri kaya dengan beragam sumber daya," katanya saat menyerahkan bantuan sampan berbahan fiber dan mesin ketinting di Batam, Kamis.

Ia menegaskan mayoritas wilayah Kepri adalah lautan. Laut di Kepri mencapai 96 persen dari total wailayah, karenanya harus dijaga, dilestarikan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Laut Kepri yang luas merupakan lahan untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat," katanya.

Pemprov Kepri, katanya, terus berupaya mengimplementasikan visi dan misi pemerintah, untuk mengoptimalkan sumber daya alam kelautan yang dimiliki.

Gubernur menyerahkan bantuan 27 unit sampan, mesin ketinting, baju pelampung, perlengkapan tambat, 89 gulung kawat bubu dan perlengkapan menangkap ikan lainnya kepada nelayan Tanjungriau Kota Batam.

Nurdun Basirun mengakui, jumlah bantuan yang diserahkan hari ini belum merata ke semua nelayan setempat, karena keterbatasan anggaran.

"Kepada masyarakat nelayan yang belum mendapatkan bantuan ini, pada tahun depan akan mendapatkannya karena sudah dimasukkan kedalam anggaran," katanya.

Kepada nelayan yang menerima bantuan, ia berpesan agar menggunakan dan merawatkan dengan baik, agar membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi seluruh keluarga.

"Bantuan yang diberikan bukan hanya sekedar simbolis saja, tetapi harus dipikirkan bagaimana melanjutkannya dan membuat nelayan hidup lebih sejahtera," kata dia.

Baca juga: 1.471 konverter kit disalurkan untuk nelayan di Kepri dan Sumut

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018