Pakde Karwo bahkan sudah bikin pernyataan dukung Jokowi
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengklaim bahwa Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo mendukung Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019.

"Pakde Karwo bahkan sudah bikin pernyataan dukung Jokowi," ujarnya ditemui usai memberikan motivasi kepada ratusan caleg perempuan di Kantor Bappilu DPW NasDem Jatim di Surabaya, Sabtu.

Politikus yang juga pengusaha tersebut mengakui wajar jika selama ini Pakde Karwo belum pernah menyatakannya ke publik secara langsung tentang pasangan calon Presiden yang didukungnya.

Kendati demikian, Surya Paloh menegaskan sudah bertemu saat Rakernas beberapa waktu lalu, bahkan telah menargetkan suara sangat besar, yaitu 70 persen untuk pasangan nomor urut 01 di Pemilihan Presiden 17 April tahun depan.

"Waktu itu saya bertemu Pakde, dan bilang ke beliau kalau kita berteman lebih dari 40 tahun sejak muda sampai tua maka saya percaya," ucap pendiri Partai NasDem tersebut.

Sementara itu, Pakde Karwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat sudah sejak lama dikabarkan mendukung Jokowi pada pilpres mendatang, tapi selalu dibantahnya dan menegaskan fokus menjadi Gubernur Jatim hingga akhir masa jabatan 12 Februari 2019.

Namun, sejumlah orang dekat Pakde Karwo yang tergabung dalam Komunitas Pakde Karwo Jawa Timur secara terang-terangan mendeklarasikan dukungan mendukung pasangan Jokowi-KH Ma`ruf Amin.

Sebagai bentuk dukungan nyata, pada Oktober 2018 telah diresmikan Rumah Jokowi-Karwo (Rumah Jo-wo) di Jalan Jawa 20 Surabaya yang dipimpin langsung oleh mantan ketua tim sukses Soekarwo di Pemilihan Gubernur Jatim, Martono.

"Saya hadir di sini sekaligus mewakili Pakde Karwo. Komunikasi awalnya hingga terbentuk Rumah Jo-Wo ini, kami timnya Pakde Karwo dari kabupaten kota se-Jatim sudah berkumpul untuk mengarahkan dukungan ke Pak Jokowi dan Kiai Ma`ruf," ujar Martono usai meresmikan Rumah Jo-Wo, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pakde Karwo fokus mendongkrak suara Demokrat di Jawa Timur

Baca juga: Erick Thohir ingatkan militansi TKD Jatim

Baca juga: TKN andalkan Khofifah raih kemenangan di Jatim

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018