Daya saing pasti akan menarik perhatian investasi dan para pihak untuk bisa masuk ke daerah itu, apakah pariwisatanya, ekonomi UMKM-nya, dan penciptaan perizinannya
Magelang, Jateng (ANTARA News) - Pemerintah Kota Magelang meraih juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kota Magelang berhak menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah berupa piala dan piagam yang disampaikan oleh Dirjen Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Muhammad Dimyati pada "International Conference Sutainable Rural and Regional Development" di Magelang, Selasa.

Juara kedua kategori utama anugerah indeks daya saing daerah diduduki Kota Semarang dan juara ketiga diraih Kabupaten Wonogiri.

Kemudian penghargaan untuk kategori ekosistem inovasi diraih Kabupaten Sragen, kategori sumber daya manusia diraih Kabupaten Rembang, kategori "enabling environment" Kabupaten Rembang, dan kategori pasar diraih Kabupaten Pekalongan.

Selain itu juga diberikan penghargaan bagi favorit pertama Kota Pekalongan, favorit kedua Kota Surakarta, dan favorit ketiga Kabupaten Pati.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan 10 kepala daerah mendapat penghargaan tersebut, mereka sudah dinilai selama setahun tentang indeks daya saing daerah.

"Bagaimana kepala-kepala daerah itu membuat daerahnya punya daya saing, kita ada penghargaan tiga besar yang daya saingnya terbaik dari semua komponen," katanya.

Kemudian ada beberapa yang berdasarkan kriteria, apakah ekosistem inovasinya, ekonominya, pasarnya, "enabling environment", dan ada beberapa kriteria untuk meraih penghargaan itu.

"Mereka yang masuk nominasi kita hargai tujuannya agar semua berlomba membuat kebijakan yang memunculkan daya saingnya, karena pada dasarnya setiap daerah itu punya daya saing," katanya.

Ia mengatakan daya saing pasti akan menarik perhatian investasi, menarik perhatian para pihak untuk bisa masuk ke daerah itu, apakah pariwisatanya, ekonomi UMKMnya, penciptaan perizinannya.

"Hal itu akan membuat mereka berlomba dalam kebijakan. Ini akan kita dorong terus agar di setiap kabupaten/kota membuat kebijakan-kebijakan yang meningkatkan daya saing. Daya saing itu kita hargai dengan memberikan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah," katanya.

Baca juga: Magelang gelar festival kuliner upaya tarik wisatawan

Baca juga: Kota Magelang gelar kirab budaya

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018