Ujungnya adalah pendidikan, yang harus dipersiapkan dan dijalankan tingkatannya terus menerus
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla menekankan pentingnya perbaikan pendidikan dalam rangka menyambut Revolusi Industri 4.0.

"Perubahan tentunya yang pertama diperbaiki adalah pendidikan, kita menyadari itu bahwa hal ini mau atau tidak mau akan terjadi pergeseran ekonomi," tutur Wapres Jusuf Kalla di Jakarta, Senin.

Wapres mengambil contoh bagaimana pergeseran teknologi perkapalan dari kapal kargo menjadi kapal pengangkut peti kemas atau kontainer berdampak pada perubahan di sektor tenaga kerja pelabuhan.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa perubahan tenaga kerja di pelabuhan yang awalnya didominasi ribuan buruh angkut, kemudian menghilang perlahan-lahan digantikan operator crane berpendidikan SMA karena teknologi peti kemas dan waktu sandar kapal kontainer yang lebih cepat.

Perubahan-perubahan seperti ini, menurut Wapres, mungkin terlihat sederhana namun membuat perekonomian menjadi lebih efisien.

"Ujungnya adalah pendidikan, yang harus dipersiapkan dan dijalankan tingkatannya terus menerus," tutur Wapres saat menyampaikan pidatonya dalam acara CEO Forum.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mengungkapkan tiga hal pokok agar perekonomian Indonesia lebih baik yakni pembuatan atau pengembangan teknologi, semangat entrepreneurship, serta kecepatan dan bersihnya birokrasi.

"Kita memerlukan tiga hal yang pokok yakni membuat atau mengembangkan teknologi, semangat kewirausahaan atau entrepreneurship, serta kecepatan dan bersihnya birokrasi," ujar Wapres Jusuf Kalla.

Wapres Jusuf Kalla menghadiri acara CEO Forum bertajuk "CEO Forum Embracing Industry 4.0" yang digelar McKinsey & Company berkolaborasi dengan APINDO, dihadiri lebih dari 100 pemimpin perusahaan.

Dalam event tersebut, Ketua APINDO Hariyadi B Sukamdani menegaskan pentingnya pemimpin-pemimpin industri untuk bersatu guna bertukar pikiran dan saling berbagi praktik terbaik terkait penerapan Industri 4.0.

Baca juga: Pendidikan vokasi diminta siapkan SDM hadapi revolusi industri 4.0
Baca juga: Pentingnya kurikulum robotik untuk hadapi industri 4.0
Baca juga: Pemerintah fokus bangun pendidikan vokasi sambut industri 4.0

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018