BKPM: hubungan bilateral Indonesia-Korsel seperti pernikahan

id Indonesia-Korea Selatan,Investasi,Petrokimia

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong menyampaikan sambutan pada peletakan batu pertama PT Lotte Chemical Indonesia di Cilegon, Banten, Jumat. (ANTARA News/ Sella Panduarsa Gareta)

Cilegon (ANTARA News) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong menyampaikan bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan seperti dua orang yang melangsungkan pernikahan karena keeratan dan produktivitasnya.


“Hubungan people to people kedua bangsa kita sudah seperti bukan orang pacaran, tapi seperti pernikahan yang sangat produktif, melahirkan banyak sekali kesuksesan,” kata Thomas Lembong di Cilegon, Jumat.


Kepala BKPM menyampaikan hal itu pada seremoni peletakan batu pertama pembangunan komplek petrokimia PT Lotte Chemical Indonesia senilai 3,5 miliar dolar AS di Cilegon.
 

Thomas mengapresiasi prosesi bersejarah tersebut, yang disebutnya tak kalah luar biasa dari lagu ‘Gangnam Style’ oleh Psy yang mencetak hits hingga 2 miliar penonton di YouTube.



Menurut dia, Korea Selatan selalu menjadi negara tiga besar yang menjadi investor asing terbesar di Indonesia, di mana posisinya bergantian dengan Jepang dan Tiongkok.

 

“Populasi Jepang itu tiga kali lipat dari populasi Korea. Sementara populasi Tiongkok 28 kali lipat populasi Korea. Tapi Korea selalu bisa menyaingi investasi Jepang dan Tiongkok,” ungkapnya.

 

Hal tersebut, lanjutnya, menunjukkan bahwa Korsel memiliki komitmen yang kuat dalam menjalin hubungan berbagai sektor dengan Indonesia.

 

Ia mengutarakan harapan agar hubungan keduanya dapat terus meningkat, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan perekonomian kedua negara.

 

 


Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar