Penghargaan Daerah Tertib Ukur dan Pasar Tertib Ukur diberikan kepada 19 pasar yang ada di Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo, Jatim  (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menerima dua penghargaan tertib ukur yakni Daerah Tertib Ukur dan dan Pasar Tertib Ukur (PTU) dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dengan predikat sangat memuaskan.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menetapkan sembilan predikat Daerah Tertib Ukur (DTU) dan 288 Pasar Tertib Ukur (PTU) di 101 kabupaten atau kota di wilayah kerja Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional I, II, III dan IV.

"Penghargaan Daerah Tertib Ukur dan Pasar Tertib Ukur diberikan kepada 19 pasar yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Ke 19 pasar tersebut telah melakukan tera terhadap UTTP (Ukur Takar Timbangan dan Perlengkapannya) dengan baik," kata Bupati Sidoarjo Saiful Ilah di Sidoarjo, Kamis.

Ia mengemukakan, sumbangan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari tera sampai dengan bulan November 2018 mencapai Rp889 juta.

"Khusus untuk Pasar Sukodono sudah diajukan untuk menerima SNI (Standar Nasional Indonesia). Secara kelayakan Pasar Sukodono sudah memiliki IPAL, ruang menyusui dan alat pemadam kebakaran ringan," katanya.

Dengan diterimanya penghargaan tersebut, Saiful Ilah mengatakan akan terus menggencarkan tera ulang terhadap seluruh alat ukur dan kelengkapannya di seluruh tempat yang dilaksanakan jual beli.

"Harapannya ke depan ke 19 pasar di Sidoarjo bisa mendapatkan SNI," kata Saiful Ilah didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Feny Apridawati dan Kabid Perdagangan Listianingsih.

Sebagai bentuk apresiasi, kata dia, Kemendag memberikan penghargaan kepada kabupaten atau kota yang ditetapkan sebagai DTU berupa piagam penghargaan dan bantuan timbangan masing-masing 200 unit timbangan.

Penetapan sebagai PTU 2018 tercantum dalam Keputusan Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga Nomor 316 Tahun 2018 tentang Penetapan Pasar di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur sebagai Pasar Tertib Ukur Tahun 2018.

Sembilan daerah yang menerima predikat DTU yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Buleleng, Kota Pekanbaru, Kota Ambon, Kabupaten Cirebon, Kota TanjungPinang, Kota Tasikmalaya, Kota Kupang dan Kota Mataram.

Baca juga: Kerupuk Sidoarjo masuk pasar Rumania

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018