Ternate (ANTARA News) - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno di Ternate, Selasa, mengukuhkan tim relawan Prabowo-Sandi untuk wilayah Maluku Utara.

Tim terdiri atas berbagai kalangan seperti purnawirawan TNI dan milenial.

Pengukuhan relawan Prabowo-Sandi yang dipusatkan di Dhuafa Center Ternate dihadiri ribuan kader dan simpatisan, Hadiri pula sejumlah unsur tim pemenangan dari pusat seperti Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso dan Titiek Soeharto.

Usai pengukuhan tim relawan, Sandiaga mengatakan, Provinsi Malut memiliki potensi sumber daya alam cukup besar, tetapi faktanya harga barang merupakan tertinggi ketiga di Indonesia.

Menurut dia, selain harga sembako di Ternate tertinggi ketiga di Indonesia, Maluku Utara juga perlu ada kebijakan khusus untuk menciptakan lapangan kerja, karena masih banyak tenaga kerja asing yang lebih diprioritaskan.

Bahkan, saat penerimaan CPNS hanya sedikit yang berpeluang lulus melalui "passing grade" sehingga banyak pengangguran tidak berkesempatan untuk bekerja. Karena itu Koalisi Adil Makmur ini akan memastikan agar seluruh perusahaan yang beroperasi di Indonesia untuk memprioritaskan tenaga kerja lokal.

Prabowo-Sandiaga akan menjadikan kondisi itu sebagai bahan kajian untuk mencari solusi terbaik untuk menekan tingginya harga barang saat ini.

Selain itu, Sandiaga berjanji, Prabowo-Sandiaga akan mendorong pengembangan investasi di Malut, khususnya pada sektor perikanan dan potensi lainnya untuk memaksimalkan pemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat.

"Tentunya kami akan mengerahkan agar investor yang menanamkan modal di daerah ini lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal dalam penyerapan tenaga kerja," kata Sandiaga.

Dalam kunjungannya ke Ternate, Sandiaga juga menyempatkan diri mengunjungi Pasar Higienis Bahari Berkesan dan Pasar Gamalama untuk melihat kondisi harga sekaligus berdialog langsung dengan pedagang setempat.

Mantan Wagub DKI Jakarta ini juga menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Falajawa untuk berswafoto dengan warga setempat.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenang Prabowo-Sandi wilayah Malut, Wahda Zainal Imam menyatakan, saat ini sebagian besar warga Malut menggantungkan hidupnya di laut sehingga kalau pasangan Prabowo-Sandi menang harus memprioritaskan pengembangan potensi perikanan di daerah ini.
 
Baca juga: Sandiaga di Manado Ingatkan kampanye mempersatukan
Baca juga: Lieus puji keberanian Sandiaga ikut Marines Run Under Fire 2018
Baca juga: Pesan Cinta Sandiaga Dari Monumen Ainun Habibie

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018