Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden M Jusuf Kalla meninjau rekonstruksi dan rehabilitasi yang tengah dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, setelah bencana gempa yang terjadi di daerah tersebut beberapa waktu lalu.

Wapres yang terbang dari Bandara Adi Sutjipto, sekitar 11.00 WIB, tiba di Bandara  Internasional Lombok sekitar pukul 13.00 Wita (12.00 WIB). 

Wapres kemudian melanjutkan perjalanan meninjau lokasi yang kini tengah mulai rekonstruksi di Pengempel Indah, Bertais, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Di tempat tersebut, masih tampak banyak masyarakat yang hidup dengan bangunan dari seng dan terpal. Sementara tampak dua rumah rekonstruksi yang telah dibangun rangka tulang dan atapnya, meskipun tembok di bangunan 6x6 tersebut belum dibuat. 

Tampak pula anggota TNI berseragam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Lombok tengah membantu mengerjakan bangunan di lahan yang telah diberi pondasi.

Wapres juga berdialog dengan warga pemilik bangunan rumah yang telah terbentuk kerangka tulang dan atapnya tersebut. Selain itu, Wapres juga berdialog dengan warga yang dituakan ditempat tersebut.

Usai meninjau Pengempel, Wakil Presiden melanjutkan peninjauan ke SMP Negeri 6 Mataram yang sebelumnya juga terdampak gempa.

Gedung SMP tiga tingkat tersebut kini telah dipakai untuk kegiatan belajar mengajar setelah dilaksanakan rehabilitasi.

Usai meninjau, Wapres melaksanakan rapat koordinasi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di Komplek Kantor Gubernur di Mataram, NTB.

Dalam kesempatan tersebut, tampak Gubernur NTB Zulkieflimansyah berserta jajarannya. Sementara Wakil Presiden didampingi mantan Ketua Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh dan Nias, Kuntoro Mangkusubroto.

Wapres dan rombongan diagendakan kembali ke Jakarta pada Minggu sore waktu setempat, usai rapat koordinasi.

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018