Kita memiliki anak perusahaan yang bergerak diberbagai bidang seperti minyak dan gas bumi, pembangkit listrik, logistik, dan batu bara
Jakarta (ANTARA News) - Manajemen PT Indika Energy Tbk. menilai bisnis batu bara masih tetap prospektif dan menjadi andalan perseroan, sekalipun harga di pasar dunia sering fluktuasi.

"Kita memiliki anak perusahaan yang bergerak diberbagai bidang seperti minyak dan gas bumi, pembangkit listrik,  logistik, dan batu bara," kata Managing Director & CEO PT Indika Energy Tbk. Azis Armand kepada pers di Jakarta, Rabu.
    
Salah satu anak perusahaan perseroan yang mengelola batu bara adalah Kideco yang terletak di Paser, Kalimantan Timur. Luas konsesinya 50.921 hektare.

Perusahaan tambang ini berdiri sejak tahun 1982, dan kontraknya akan berakhir pada tahun 2023. Estimasi cadangan batu bara yang dimiliki 422 juta ton dengan 50 konsumen di 16 negara dengan tujuan utama ke China dan India.

Diakuinya bisnis batu bara pada 2012-2015 memang sempat lesu akibat harga di pasar dunia yang turun tajam, namun mulai merangkak naik awal 2017.

Akibat penurunan harga tersebut perseroan sempat terpukul namun tetap bisa berjalan dengan baik dengan cara meningkatkan efisiensi.

Hingga saat ini, pasokan batu bara dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO) mencapai 25 persen dari total produksi dengan rata-rata produksi mencapai 2,5 hingga 2,6 juta ton setiap bulan dengan target produksi hingga akhir tahun 34 juta ton. Ini setelah perusahaan mengajukan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) untuk menambah produksi batu bara sebesar 2 juta ton.

Mengenai rencana investasi senilai 108 juta dolar AS untuk mendukung bidang logistik, awalnya, perseroan merencanakan mengalokasikan investasi senilai 20 juta dolar AS.

Namun, dalam realisasi tersebut tidak jadi, sebab investasi awal senilai 20 juta dolar AS akan dilakukan pada awal 2019.

Sumber pendanaan untuk membangun terminal ini juga berasal dari pinjaman perbankan, yang akan diperoleh dari sejumnlah bank dan sebagian dari pinjaman dalam dolar AS.

Baca juga: Pemegang Saham Indika Setujui Akuisisi Petrosea

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018