Ini merupakan sebuah aset bagi saya untuk melanjutkan kerjasama yang baik yang sudah saya lakukan dengan Julie Bishop dan sekarang dengan Maurice Payne."
New York (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Australia Marise Payne di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-73 di markas besar PBB, New York, Selasa.

Kesempatan itu merupakan kali pertama bagi Menlu Retno bertemu dengan Marise Payne dalam posisi barunya sebagai Menlu Australia menggantikan Julie Bishop.

Sebelumnya Menlu Retno sudah mengenal baik Payne ketika dia menjabat sebagai menteri pertahanan Australia.

"Ini merupakan sebuah aset bagi saya untuk melanjutkan kerjasama yang baik yang sudah saya lakukan dengan Julie Bishop dan sekarang dengan Maurice Payne," ungkap Retno di New York, Selasa.

Di dalam pertemuan bilateral tersebut di bahas antara lain hasil kunjungan Perdana Menteri Australia Scott Morrison ke Indonesia bulan lalu termasuk mengenai masalah Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Selain itu dibahas juga mengenai undangan Indonesia bagi Australia untuk menghadiri Our Ocean Conference yang akan digelar di Bali pada Oktober nanti.

Secara umum tidak ada isu bilateral yang dibahas secara mendalam, karena pertemuan itu secara simbolis melambangkan kemitraan baru karena Payne saat ini memegang portofolio sebagai menlu Australia, kata Retno.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Australia yang selama ini sudah bekerja dengan baik dengan Indonesia, membantu Indonesia dalam kerjasama Pacific Islands Forum dan Australia selalu konsisten menekankan penghormatan terhadap integritas teritorial Indonesia," ungkap Retno.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018