Bonus ini dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada atlet, termasuk pelatih maupun asisten pelatih
Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyerahkan bonus kepada atlet-atlet peraih medali pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

"Bonus ini dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada atlet, termasuk pelatih maupun asisten pelatih," ujarnya di sela penyerahan bonus sekaligus peringatan Hari Olahraga Nasional 2018 Gelora Hasta Brata Adi Buana Surabaya, Rabu.

Bonus yang diberikan berupa tabungan tersebut rinciannya, yakni atlet perorangan peraih emas mendapatkan Rp230 juta, perak Rp72 juta, dan perunggu Rp35 juta.

Kemudian, untuk atlet ganda, peraih emas mendapatkan Rp151 juta, perak Rp46 juta, dan perunggu Rp23 juta

Sementara untuk kategori beregu, peraih emas Rp112 juta, perak Rp35 juta, dan perunggu Rp17,5 juta, serta para pelatih dan asisten pelatih peraih emas Rp170,7 juta, perak Rp53 juta dan perunggu Rp26,4 juta.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menegaskan bahwa Jatim merupakan gudang atlet peraih prestasi di kancah dunia olahraga tingkat nasional maupun internasional.

Salah satu buktinya, kata dia, kesuksesan di kancah Asian Games 2018, yakni dari 29 atlet yang bertanding, atlet asal Jatim berhasil meraih 12 medali emas, ditambah enam medali perak dan sembilan medali perunggu.

Menurut Pakde Karwo, sapaan akrabnya, prestasi tersebut tidak lepas dari peran semua pihak mendukung kemajuan olahraga, ditambah atlet yang tidak pernah berhenti berlatih, pelatih, pembina, orang tua dan lainnya.

"Prestasi-prestasi yang diraih ini menandakan tingkat kesejahteraan masyarakatnya semakin meningkat. Negara maju dan sejahtera, pasti memiliki prestasi olahraga yang hebat," ucapnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu mengatakan untuk menciptakan atlet berprestasi maka harus dimulai sejak usia dini melalui "sport science", yaitu anak dibentuk bukan hanya pada fisiknya, tapi juga kecerdasannya.

Baca juga: Sultra alokasikan bonus atlet Asian Games
Baca juga: Jokowi janji atlet Para Games dapat bonus sama dengan Asian Games
Baca juga: NTB hadiahkan umroh atlet peraih medali asian games
Baca juga: Kalteng beri bonus atlet peraih medali Asian Games


(F014/a032)

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018