saat ABK kapal hendak menyalakan mesin kapal langsung terjadi ledakan dan kapal terbakar,
Kendari, (ANTARA News) - Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan telah terjadi kebakaran pada kapal bermuatan BBM di Pelabuhan Sulaa Siompu, Kabupaten Buton Selatan, Kamis.

Humas Basarnas Kendari, Wahyudi, mengatakan pada pukul 11.20 wita telah terjadi kecelakaan pelayaran yang membahayakan jiwa manusia. "Kapal KM Samudra GT 10 tujuan Pelabuhan Sulaa-Siompu bermuatan BBM terbakar di pelabuhan Sulaa," ujarnya.

Usai mendapatkan laporan, tim SAR Baubau yang berjumlah lima orang bergerak menuju tempat kejadian musibah dengan rubber boat.

Kronologis kejadian, KM Samudra memuat BBM jenis premium sebanyak lima ton dan minyak tanah lima ton di Pelabuhan Topa Sulaa untuk dibawa ke Pulau Siompu. "Saat akan melakukan pelayaran menuju Siompu, di saat ABK kapal hendak menyalakan mesin kapal langsung terjadi ledakan dan kapal terbakar," katanya.

Seluruh ABK kapal berjumlah empat orang, mendorong kapal sehingga hanyut dan semua ABK melompat ke laut untuk menyelamatkan diri berenang untuk naik ke dermaga. Adapun nama ABK kapal Anwar (44), La Sura (60), La Uba (25), La Aco (52).*

Baca juga: Ratusan hewan ternak terpanggang di KLM Wahyu Ilahi

Baca juga: KNKT rampungkan pengumpulan informasi awal kapal terbakar

Pewarta: Suparman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018