Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Rusia memuji keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan perhelatan multiolahraga terbesar kedua di dunia Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September lalu.

"Selamat untuk kesuksesan Asian Games dan semoga capaian ini menjadi bekal untuk Olimpiade di Tokyo yang akan datang," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam konferensi pers di kediaman Duta Besar Rusia di Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan itu Dubes Vorobieva juga menyampaikan kebanggan Rusia bahwa sebagian besar pertandingan, termasuk upacara pembukaan dan penutupan, Asian Games ke-18 dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno, di mana Rusia menjadi salah satu negara yang membantu pembangunannya di masa itu.

"Seandainya Rusia juga bagian dari kawasan Asia, tentu kami sudah ikut bertanding, tapi itu tidak mungkin karena kami bagian dari Eropa," kata dia yang diikuti gelak tawa.

"Melihat kesuksesan ini, kami berharap Indonesia berhasil dalam pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2032," lanjut Vorobieva.

Selain menyampaikan selamat untuk kesuksesan Asian Games, Dubes Rusia yang menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo itu juga mengapresiasi penyelenggaraan Festival Indonesia 2018 di Moskow pada 3-5 Agustus lalu.

Menurut Vorobieva, dirinya saat itu tengah kembali ke Rusia untuk menghadiri pertemuan perwakilan Rusia di luar negeri dan pernikahan putrinya sehingga menyempatkan diri untuk hadir di Festival Indonesia.

"Festival Indonesia di Moskow merupakan salah satu acara penting yang menghubungkan kedua negara. Saya ucapkan selamat untuk Kedutaan Besar RI di Moskow dan Dubes Wahid Supriyadi yang  telah sukses menyelenggarakan acara semeriah itu yang dihadiri lebih dari 14 ribu orang, di mana saya bisa memberi tahu Anda bahwa saya menyaksikan sendiri suasana yang 'sangat Indonesia' melalui penampilan para musisi dan penari, serta sampel-sampel makanan Indonesia," kata dia.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018