Kehadiran kami di Natuna menunjukkan bahwa BUMN yang dimiliki rakyat Indonesia peduli dan ikut berkontribusi untuk memajukan masyarakat khususnya masyarakat yang ada di wilayah 3T
Natuna (ANTARA News) - Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana menegaskan kehadiran BUMN Hadir untuk Negeri yang melakukan rangkaian kegiatan dan upacara di wilayah terluar, terdepan dan terpencil merupakan perwujudan Nawacita.

"Ini merupakan perwujudan dari Program Pemerintah RI, Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari mulai pinggiran. Kami berharap kegiatan seperti ini akan terus berlangsung dan dilakukan secara berkelanjutan," kata Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana selaku Koordinator PIC BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (17/8).

Lebih lanjut Bambang Eka mengatakan kehadiran di Natuna menunjukkan bahwa BUMN yang dimiliki rakyat Indonesia peduli dan ikut berkontribusi untuk memajukan masyarakat khususnya masyarakat yang ada di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

Bambang Eka juga menjelaskan pelaksanaan rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2018 ini adalah wujud komitmen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan kesejahteraan serta menumbuhkan rasa kebanggaan berbangsa, bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok Negeri.

"Untuk itu tahun ini kita melaksanakannya di daerah 3T (terdepan, terluar dan terpencil), di Kepulauan Natuna,", kata Bambang Eka Cahyana .

Rangkaian kegiatan HUT RI ini dimulai pada tanggal 16 Agustus 2018 yang  diawali dengan kegiatan Gerak Jalan yang diikuti oleh siswa/i SMP dan SMA di Kabupaten Natuna, pembukaan pengobatan gratis kepada masyarakat Natuna, pemberian sembako gratis untuk masyarakat dan TNI, dengan rincian 1000 paket untuk masyarakat di Pulau Subi, 1000 paket untuk masyarakat Pulau Laut, 400 paket untuk mayarakat Natuna dan 100 paket untuk TNI serta penyambungan pipa instalasi air bersih ke pemukiman penduduk di Desa Cerug Kecamatan Bunguran Timur Laut. 

Selanjutnya, upacara HUT RI dilaksanakan di lapangan Kantor Kecamatan Bunguran Timur Laut, pada pagi hari tanggal 17 Agustus 2018, dengan Direktur Utama Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta yang terdiri dari Kepala Inspektorat Kementerian BUMN, Supriyanto, Direktur Utama Persero Batam, Djuhaery, Direktur Keuangan Perum LKBN Antara, Nina Kurnia Dewi dan, karyawan BUMN yang ada di Natuna, pemerintah daerah, Legiun Veteran, dan peserta siswa dari Kabupaten Natuna. 

Setelah pelaksanaan upacara bendera, dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan  sembako, penyerahan simbolis hewan qurban, penyerahan simbolis beasiswa kepada 73 orang siswa  siswi berprestasi, pemberian simbolis bantuan bedah rumah, simbolis bantuan air bersih di dua titik yaitu Bunguran dan Pulau Laut, simbolis pemberian bantuan rambu laut dan perbaikan sekolah di Pulau Laut dan Pulai Sabi. 

Program BUMN Hadir Untuk Negeri telah berlangsung secara berkesinambungan dan serentak sejak tahun 2015 di seluruh provinsi di Indonesia. BUMN Hadir Untuk Negeri sebagai jembatan untuk mewujudkan cita-cita yang mulia.

Banyak program yang dipersembahkan oleh Kementerian BUMN untuk membantu beban rakyat Indonesia.

"Kehadiran kami di Natuna menunjukkan bahwa BUMN yang dimiliki rakyat Indonesia peduli dan ikut berkontribusi untuk memajukan  masyarakat khususnya masyarakat yang ada di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal). Ini merupakan perwujudan dari Program Pemerintah RI, Nawacita, yaitu membangun Indonesia dari mulai pinggiran dan Indonesia sentris. Kami berharap kegiatan seperti ini akan terus berlangsung dan dilakukan secara berkelanjutan",  Bambang Eka Cahyana.

Baca juga: Masyarakat Natuna apresiasi kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri
 

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018