Bengkulu (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memimpin upacara HUT RI 73 di Dusun Pekalongan I, Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Jumat.

Dalam upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih tersebut, Eko yang tampak mengenakan pakaian adat Bengkulu, bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam pidatonya, Eko mengajak masyarakat setempat untuk lebih semangat bekerja mempercepat pembangunan desa agar Kabupaten Seluma tidak lagi menjadi desa tertinggal.

"Saya ingin mengajak seluruh elemen bangsa untuk mendukung percepatan pembangunan di desa, daerah tertinggal dan transmigrasi," kata Mendes Eko.

Menteri juga memotivasi warga agar mau menempa diri, bekerja lebih produktif dan memiliki semangat untuk berkompetisi secara sehat dengan orang lain.

"Kita harus selalu mau belajar. Miliki jiwa kompetisi, harus semangat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mendes Eko juga menyerahkan hibah berupa 25 mobil pick up kepada 25 BUMDes untuk berbagai desa penerima dana desa di Kabupaten Seluma, menyerahkan hibah bantuan perangkat early warning system (EWS) untuk Desa Pasar Ngalam dan Ngapal Jungur.

Hibah ini berasal dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemendes PDTT.

Selain itu Menteri Eko juga meresmikan fasilitas sarana air bersih untuk lebih kurang 100 KK di Desa Talang Giring dan Desa Arang Sapat, serta meresmikan perpustakaan.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018