Jakarta (ANTARA News) - Para warga negara Indonesia (WNI) di Peru antusias untuk mengikuti pemilihan umum (pemilu) serentak pada 2019, demikian disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI Lima yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Lima menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemilu Serentak 2019, di gedung KBRI Lima.

Pihak KBRI Lima menyampaikan kepada masyarakat Indonesia di Peru mengenai pentingnya partisipasi seluruh WNI di luar negeri untuk menggunakan hak suaranya dan ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu pada 13 April 2019.

KBRI Lima berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi itu masyarakat Indonesia di Peru dapat turut berpartisipasi dan mengawal proses pemilihan umum sesuai dengan asas Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia.

Cuaca dingin kota Lima tidak mengurangi semangat warga Indonesia yang hadir untuk mengikuti kegiatan sosialisasi Pemilu 2019.

Antusias masyarakat Indonesia terlihat saat sesi tanya jawab, di mana peserta sosialisasi menanyakan berbagai hal teknis terkait pemungutan suara 2019 mendatang.

Beberapa hal yang ditanyakan warga Indonesia di Peru, antara lain tentang mekanisme bagi pemilih yang akan pindah ke Indonesia, tenggat waktu untuk pengiriman surat suara via pos, dan pengaturan administrasi.

Selain itu, beberapa WNI juga menanyakan tentang kemungkinan dispensasi bagi pemilih yang tidak dapat hadir saat pemungutan suara maupun yang kehilangan formulir C5.

Sosialisasi yang dihadiri oleh sekitar 40 warga Indonesia yang memiliki hak pilih itu juga diisi dengan diseminasi informasi peduli WNI, pentingnya lapor diri dan aplikasi "safe travel" oleh Fungsi Protokol Konsuler KBRI Lima.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018