Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Solok Selatan dari Provinsi Jambi dan dengan ketiga akses ini waktu tempuhnya akan semakin pendek sehingga menarik wisatawan dari Provinsi tetangga yaitu Jambi.
Padang Aro,  (ANTARA News) - Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman akan membantu pengembangan jembatan dan peningkatan jalan dengan dana sebesar Rp700 miliar pada 2019 dalam memudahkan akses dari Kabupaten Solok Selatan menuju Dharmasraya, Sumatera Barat.

"Bantuan ini karena akan berdampak sangat signifikan pada perekonomian masyarakat dan menunggu realisasinya pada 2019," kata Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria di Padang Aro, Jumat.

Ketiga ruas jalan yang akan ditingkatkan yaitu Abai ke Sungai Dareh, Sungai Sungkai-Dharmasraya serta Taluak Aia Putiah Kilometer 44 Muaro Bungo Jambi.

Menurut dia, dengan ketiga akses ini akan membuka Solok Selatan sehingga mudah diakses dari berbagai penjuru dan berimbas pada geliat ekonomi rakyat.

Selain itu juga akan membebaskan beberapa Nagari di Solok Selatan dari keterisolasian sepertj Lubuak Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari.

Selain itu, tambahnya pengembangan wisata yang sedang gencar dilakukan pemerintah setempat akan berkembang dengan pesat.

"Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Solok Selatan dari Provinsi Jambi dan dengan ketiga akses ini waktu tempuhnya akan semakin pendek sehingga menarik wisatawan dari Provinsi tetangga yaitu Jambi," ujarnya.

Selain itu, wisatawan dari Pekanbaru, Kepulauan Riau juga akan dekat ke Solok Selatan sehingga sangat mendukung kemajuan pariwisata.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pertanahan Solok Selatan, Hanif Rasimon mengatakan kabupaten itu mengusulkan pengembangan jembatan serta peningkatan jalan di ruas Abai-Sungai Dareh senilai Rp196 miliar dan ruas Sungai Sungkai-Dharmasraya Rp510 miliar.

Sementara untuk ruas Taluak Aia Putiah-Kilometer 44 Muaro Bungo semula belum menjadi prioritas tetapi setelah dilakukan survei oleh Asisten III Epli Rahmat bersama pegiat wisata Sumbar Yulnofrins Napilus ternyata ruas ini sangat dekat ke lintas Sumatra.

"Informasinya memang sudah disetujui tetapi semua itu tentu butuh proses," lanjutnya.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018