Kota Vatikan (ANTARA News) - Paus Fransiskus pada Kamis menerima pengunduran diri dua lagi uskup Chile, yang terlibat dalam skandal pelecehan seksual di negara itu, kata Vatikan.

Dengan demikian, secara keseluruhan sudah lima pengunduran diri yang disetujui Paus sejauh ini.

Uskup Alejandro Goic Karmelic dari kota Rancagua serta Horacio del Carmen Valenzuela Abarca dari kota Talca akan diganti para komisaris, yang dikenal sebagai pengurus kepausan, menurut suatu pernyataan.

Paus Fransiskus sebelumnya menerima pengunduran diri tiga uskup pada 11 Juni. Bulan lalu, seluruh 34 uskup Chile mengajukan permohonan mundur secara massal setelah melakukan pertemuan dengan Paus soal dugaan menutup-nutupi kasus pelecehan seksual.

Uskup Goic (78) dikenal di Chile karena mengutuk pelanggaran hak asasi manusia selama rezim militer Augusto Pinochet.

Goic memimpin panel penasehat pertemuan uskup soal pelecehan seksual namun ia mengundurkan diri dari panel pada Mei. Dalam pernyataan, ia juga menyampaikan permohonan maaf karena tidak bertindak dengan cepat ketika tuduhan pelecehan seksual pastor-pastor di wilayah keuskupannya pertama kali menjadi perhatiannya.

Ia telah memberhentikan 14 pastor dan pekan lalu kantornya didatangi para jaksa yang menyelidiki kasus tersebut.

Uskup Valenzuela (64) adalah salah satu uskup yang dilatih untuk keimaman beberapa dasawarsa yang lalu Pastor Fernando Karadima, peleceh yang paling dikenal di Chile.

Berdasarkan hasil penyelidikan Vatikan pada 2011, Karadima dinyatakan bersalah melecehkan sejumlah bocah laki-laki di Santiago pada tahun 1970-an dan 1980-an.

Karadima (87), yang saat ini tinggal di panti jompo di Chile, selalu membantah bersalah.

Dalam wawancara khusus dengan Reuters di kediamannya pada 17 Juni, Paus Fransiskus mengatakan ia sedang mempertimbangkan untuk menerima pengunduran diri dari banyak lagi uskup Chile, demikian Reuters.

(Uu.T008)
 

Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018