... masih menunggu hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, mulai tingkat TPS hingga provinsi...
Surabaya (ANTARA News) - Pasangan calon pemimpin Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno, memilih menunggu hasil penghitungan manual oleh KPUD Jawa Timur.

"Kami masih menunggu hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, mulai tingkat TPS hingga provinsi," kata Gus Ipul kepada wartawan di rumahnya, di kawasan Gayungan, Surabaya, Rabu.

Gus Ipul yang juga petahana itu mengimbau pendukung, simpatisan, kader partai politik, maupun masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti proses hingga tuntas.

Kendati demikian, dia mengaku menghormati dan menghargai hasil penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga dan memublikasikannya di televisi maupun media massa lainnya.

"Mencermati hasil yang telah dirilis dari penghitungan cepat, kami sangat menghormati dan menghargainya," ucapnya.

Mantan ketua umum GP Ansor itu juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan rakyat Jawa Timur yang telah menggunakan hak suaranya di TPS.

Selain itu, dia dan Puti akan terus mencermati laporan-laporan dari tim yang ada di lapangan untuk dikumpulkan. Setelah itu, dianalisis dan hasilnya disampaikan ke publik dalam beberapa waktu ke depan.

Di tempat sama, Puti menyampaikan hal serupa dan berharap kader maupun simpatisan tetap tenang sembari menunggu hasil penghitungan manual oleh KPUD Jawa Timur.

"Semuanya untuk tetap semangat dan menunggu hasil penghitungan manual KPU Provinsi Jatim," kata cucu Bung Karno tersebut.

Sementara itu, berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny J.A., pasangan Khofifah Indar Parawansa/Emil Listianto Dardak memenangi Pilkada Jawa Timur 2018.

"Perbedaan persentase perolehan suara antara Khofifah/Emil dan Saifullah Yusuf/Puti Guntur Soekarno hanya enam persen. Maka, Khofifah/Emil menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur berdasarkan hitung cepat LSI Denny J.A.," kata peneliti LSI Denny JA, Mohammad Khotib, di Jakarta.

Berdasarkan persentase data sementara yang masuk pada hari Rabu (27/6) pukul 16.05 WIB, pasangan Khofifah/Emil memperoleh 54,14 persen suara atau unggul dari lawannya, pasangan Gus Ipul/Puti Guntur Sukarno yang memperoleh 45,86 persen suara.

Dari data hitung cepat LSI Denny J.A. hingga pukul 16.06 WIB, data yang masuk dalam Pilgub Jatim sebesar 96,50 persen dengan tingkat partisipasi pemilih atau voter turnout (VTO) sebanyak 65,03 persen, dengan "margin of error" sebesar 1 persen.

Namun, dia menegaskan bahwa pemenang Pilkada Jawa Timur akan merujuk hasil perhitungan atau rekapitulasi KPU setempat.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018