Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan berbagai persiapan guna menyukseskan ajang olahraga akbar Asian Games yang dimulai dari 18 Agustus 2018 hingga 2 Septemebr 2018 mendatang. 
       
Salah satunya, menggelar rapat koordinasi rutin dengan berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pihak terkait.
     
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan seluruh persiapan telah disepakati dengan target selesai pada 22 Juli 2018, terutama terkait penyediaan infrastruktur, penataan, dan memperindah kota.
     
"Intinya adalah semua persiapan yang terkait dengan pelaksanaan itu ditargetkan untuk selesai per 22 Juli 2018. Jadi, misalnya, penataan Jalan Sudirman-Thamrin itu tanggal 22 Juli semuanya sudah lurus rata dan rapi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.
       
Saat ini kondisi jalannya masih meliuk-liuk jalannya. itu mulai proses penutupan pada awal Juli, besok sudah mulai diratakan dan semuanya selesai pada 22 Juli, katanya. 
     
"Kemudian, kampung itu sudah mulai penataan, pewarnaan, pembersihan jalan-jalannya, itu sudah mulai semua,” kata Anies.
     
Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta bertugas melakukan penyediaan berbagai infraksruktur terkait Asian Games, di antaranya pembangunan venue (velodrome, equestrian, BMX, baseball) dan merenovasi 10 GOR di Jakarta. 
     
Lebih lanjut, Gubernur menambahkan, salah satu hal penting dalam penataan kota adalah memastikan seluruh pekerjaan pembangunan MRT yang belum selesai.  Terutama di koridor Sudirman-Thamrin, dapat tampak rapih dan ditata sebaik mungkin meskipun pembangunan dihentikan untuk sementara. Usai gelaran Asian Games, pekerjaan pembangunan tersebut dilanjutkan, katanya.
     
“Koridor itu penting untuk memastikan wajah depan Jakarta yang hari ini masih ada kontruksi MRT. Karena yang paling utama adalah MRT, sebagian tempat-tempatnya yang belum selesai akan ditutup, kemudian diberi semacam besi-besi pelapis di jalan. Nanti setelah selesai Asian Games, baru dilepas dan dilanjutkan kembali," kata Anies.
     
Jadi, pekerjaan yang belum selesai, lubang-lubang di bawah ditutup dulu dan dilakukan pengerasan, selesai Asian Games dilanjutkan kembali, katanya.
     
Selain itu, Anies mengimbau masyarakat dapat terbiasa dengan kebijakan dan peraturan yang diterapkan, seperti peraturan ganjil-genap untuk kendaraan yang masuk wilayah Jakarta.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018