Jakarta (ANTARA News) - Warga lanjut usia (lansia) masih bertahan di lokasi pengungsian di Balai Desa Glagaharjo untuk menhindari erupsi Gunung Merapi.

"Para lansia tetap di pengungsian sampai situasi benar-benar aman," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Minggu.

Sembilan lansia asal Desa Kalitengah terdiri dari satu lansia laki-laki dan delapan lansia perempuan masih bertahan di pengungsian, sementara yang lainnya sudah kembali ke rumah mereka karena situasi aman.

Sebelumnya saat Merapi meletus Jumat pekan ini pukul 21.00 WIB, 98 warga mengungsi ke Balai Desa Glagaharjo.  Saat ini status Gunung Merapi masih Waspada atau Level II.

Berdasarkan pemantauan BPPTKG, ketinggian asap solfatara Gunung Merapi tgerpantau mencapai 400 meter pada Minggu pagi pukul 04.13 WIB tadi dari kawah puncak gunung api itu dengan arah angin ke arah timur laut.

Pada pukul 05.50 WIB terjadi hujan abu tipis di seputaran pos Selo Boyolali. Masyarakat diimbau tetap tenang dan mewaspadai hujan abu.

Harry memastikan ketersediaan logistik, kesiapsiagaan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan pemerintah sehingga saat bencana terjadi semua sudah siap sedia.

Baca juga: Warga lereng Merapi di Magelang tinggalkan tempat pengungsian

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018