Idi, Aceh (ANTARA News) - Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S. Djambak mengajak warga Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, tidak lagi menambang minyak secara ilegal karena menimbulkan bahaya.

"Aktivitas pengeboran seperti ini ilegal namun kita tidak bisa melarang karena sumber ekonomi rakyat, tapi kejadian ini membuat kita sadar agar tidak melakukan kegiatan ilegal," kata Rio saat mengunjungi lokasi ledakan dan terbakarnya sumur minyak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Rabu malam.

Rio menuturkan, kehadirannya ke lokasi adalah bentuk rasa kemanusian sekaligus mewakili Forkompimda Aceh, yang langsung hadir melihat kondisi masyarakat dan pengamanan yang sejauh ini sangat baik.

"Kita turut berduka atas meninggalnya sejumlah korban dan puluhan lainnya menderita luka serius akibat ledakan ini," ujar Kapolda sembari mengharapkan kejadian seperti ini tidak terulang.

"Saya berharap semua pihak dapat berperan aktif mengatasi hal-hal ilegal di wilayah Aceh khususnya Aceh Timur."
Warga menyaksikan semburan api di lokasi pengeboran minyak illegal yang dikelola warga di kawasan Dusun Kamar Dingin Desa Pasir Putih, Ranto Panjang Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Rabu (25/4/2018). Terbakarnya sumur minyak Ilegal itu mengakibatkan sebanyak puluhan orang terluka dan sekitar 10 orang meninggal dunia. (ANTARA/Rahmad) (antara)


Baca juga: 18 orang meninggal akibat ledakan sumur minyak

Dia mengatakan alam melihat perkembangan selama satu minggu ini guna mengatasi semburan api dari sumur yang meledak itu.

"Saya berharap semua bersabar karena sesegera mungkin diupayakan mengatasi hal tersebut," ujarnya.

Sebelum meninggalkan lokasi kejadian, Rio menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama menjaga kemanan di sekitar lokasi kejadian.

Rio tiba di lokasi ledakan sekira pukul 19.00 WIB, didampinggi Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib.

Baca juga: 20 keluarga mengungsi akibat sumur minyak meledak di Aceh

Pewarta: Mukhlis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018