Tangerang Selatan (ANTARA News) - Ratusan siswa SMPN 3 Kota Tangsel terpaksa menunda ujian nasional berbasis komputer (UNBK) selama kurang lebih satu jam sebagai akibat gangguan pada jaringan.

"Saya harap seluruh pengawas, tim IT dan guru bisa menenangkan murid. Karena gangguan ini dirasakan seluruh siswa yang ada di Indonesia. Tak hanya di Tangsel saja," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel Taryono saat mengunjungi SMPN 3 di Ciputat, Senin.

Menurutnya UNBK seharusnya dimulai pukul 7.30 WIB. Namun karena jaringan yang tidak terkoneksi, soal baru bisa diakses pukul 8.45 WIB. Sehingga siswa diberi perpanjangan waktu.

"Saya harap hal seperti ini tidak perlu terjadi besok. Ini kan hari pertama, semoga besok tidak perlu terjadi lagi. Ini kan terkendala sistem. Saya juga berkomunikasi dengan teman-teman seperti Serang. Mereka juga merasakan hal yang sama," kata dia.

Di tempat yang sama Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel Lintang mengatakan selain masalah koneksi, tidak ada kendala lain yang patut dikoreksi. Hanya saja saat ini tim panitia diharapkan bisa menenangkan kepanikan murid.

Baca juga: Di Temanggung UNBK SMP mundur 30 menit karena jaringan
Baca juga: Mendikbud tinjau pelaksanaan UN SMP di Timika

 

Pewarta: Mansyur
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018