Jakarta (ANTARA News) - Setya Novanto membacakan nota pembelaan atau pleidoi, warga Sentani senang bisa bertemu presiden, Kementerian Perhubungan keluarkan taksi daring dari PM 108, Kominfo tunggu penjelasan Facebook soal informasi penyalahgunaan data, hingga polisi ringkus artis Riza Shahab terkait narkoba, menjadi berita kemarin yang layak baca.

1. Setnov singgung Raja Salman dalam pleidoi
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) menyinggung kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke gedung DPR RI pada Maret 2017 lalu dalam nota pembelaan atau pleidoi yang dibacakannya.

"Kita ketahui, sejak 2013 kuota jemaah haji Indonesia dipotong 20 persen kemudian pada saat kunjungan Raja Salman ke DPR RI saya meminta penambahan kuota jemaah haji bagi Indonesia sebanyak 10 ribu anggota jemaah yang saat ini kuotanya berjumlah 211 ribu jemaah haji. Alhamdulillah, Pemerintah Arab Saudi menyetujui penembahan kuota haji tersebut," kata Setnov, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat.

Baca beritanya di sini.

Baca juga: Jaksa tolak seluruh pledoi penasihat hukum Novanto

2. Warga Sentani senang bisa bertemu presiden
Sentani (ANTARA News) - Warga Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua senang bisa bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung ke Kabupaten Jayapura, pekan lalu.

"Saya senang sekali karena bisa bertemu dengan Bapak Presiden dan sempat bersalaman itu sudah luar biasa sekali," kata mama Yosina Hikinda, warga Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Barat, ketika ditemui di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat.

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: Presiden lanjutkan kunjungan ke Semarang dari Papua

3. Kementerian Perhubungan keluarkan taksi daring dari PM 108
Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan taksi daring dari Peraturan Menteri Nomor 108/2017 tentang Angkutan dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek setelah aplikator diwajibkan masuk ke dalam perusahaan transportasi.

"PM 108 khan tidak hanya menyangkut taksi `online`, yang terpenting yang menyangkut dengan taksi daring dikeluarkan dari situ," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, usai usai Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2018 di Kemenhub, Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan yang berkaitan dengan taksi daring akan diatur di PM yang baru.

Selengkapnya di sini.

4. Kominfo tunggu penjelasan Facebook soal informasi penyalahgunaan data
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menunggu penjelasan Facebook mengenai bentuk informasi dan cara pemberitahuan penyalahgunaan data pengguna.

Berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, Kominfo juga belum mendapat penjelasan dari Facebook terkait potensi penyalahgunaan data pengguna yang selayaknya diketahui pengguna.

Facebook pun belum memberikan notifikasi kepada Kominfo mengenai potensi-potensi penyalahgunaan data pribadi yang berasal dari platform aplikasi pihak ketiga.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Polisi ringkus artis Riza Shahab terkait narkoba
Jakarta (ANTARA News) - Petugas Polda Metro Jaya meringkus artis Muhammad Riza alias Riza Shahab dan Achmad Reza alias Reza Alatas terkait dugaan penyalahgunaan narkoba.

"Bersama empat orang lainnya," kata Kepala Subdirektorat II Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Doni Alexander di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan informasi, anggota Polda Metro Jaya menangkap dua artis bersama empat rekan lainnya itu pada salah satu apertemen di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (12/4) dinihari.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Artis Riza Shahab enam bulan konsumsi narkoba

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018