Koba (ANTARA News) - Puteri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra ikut menanam bibit pohon pelawan bersama masyarakat di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Selasa, dalam rangka pelestarian lingkungan.

"Pohon pelawan ini hanya ada di Pulau Bangka, termasuk tanaman langka dan perlu dilestarikan," kata Sonia sembari menanam bibit pelawan dan meratakan tanah bekas galian dengan menggunakan cangkul.

Sonia mengunjungi hutan pelawan di Namang didampingi para pejabat Pemprov Babel dan Pemkab Bangka Tengah dan bertekad mempromosikan sejumlah kawasan wisata potensial di daerah itu.

"Hutan Pelawan salah satu destinasi wisata andalan di daerah ini, hutan yang cukup unik dan memiliki potensi keanekaragaman hayati," ujarnya.

Sebelum menjelajahi hutan pelawan seluas ratusan hektare tersebut, Puteri Indonesia 2018 asal Pulau Belitung itu sempat mencicipi makanan khas Bangka Tengah dan melihat produk Usaha Mikro Kecil Menengah khas daerah yang cukup kreatif.

"Saya suka dengan kulinernya dan saya sudah mencicipi sayur jamur pelawan yang cuma ada di daerah ini. Memiliki cita rasa yang berbeda, nikmat dan saya suka," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk melestarikan lingkungan dan tingkatkan budaya menanam terutama di kawasan kritis.

"Pohon pelawan sudah patut dilestarikan karena termasuk pohon langka yang cuma ada di Bangka Tengah, jangan sampai punah," katanya.
 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018