... harga sarang burung walet sulit diprediksi. Terkadang naik dan terus naik dengan waktu yang cukup lama. Namun kalau turun juga akan cepat...
Sampit, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Harga jual sarang burung walet di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng dalam sepekan terakhir mencapai Rp13,5 juta/kg.

Penjual sarang burung walet, Yanto di Sampit, Minggu, mengatakan, harga segitu untuk jenis sarang kualitas kelas terbaik, yakni sarang burung walet mangkok.

Sedangkan sarang walet jenis sudut sebesar Rp11,5/kg. Dan untuk sarang walet jenis patahan sebesar Rp10 juta/kg.

Menurut Yanto, harga jual sarang burung walet bisa dikatakan menurun dibandingkan dengan sepekan sebelumnya yang mencapai Rp14,5/kg.

Yanto mengaku belum diketahui secara pasti penyebab penurunan harga jual sarang burung walet itu. 

"Untuk harga sarang burung walet sulit diprediksi. Terkadang naik dan terus naik dengan waktu yang cukup lama. Namun kalau turun juga akan cepat," katanya.

Yanto menduga tidak menentunya harga sarang burung walet diduga permainan pengumpul.

Berdasarkan informasi dari sejumlah penjual, sentra penghasil sarang burung walet seperti di Samuda, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan saat ini produksinya mulai berkurang. Hal itu terjadi karena burung walet mulai bermigrasi ke tempat yang lebih banyak makanannya, seperti ke wilayah perkebunan kelapa sawit.

Pewarta: Untung Setiawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018