... maunya segera ke Brebes, tapi saya tidak ingin dikira memanfaatkan atau pencitraan...
Semarang (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengaku tetap mengkoordinasikan penanganan berbagai bencana alam di Jawa Tengah, di antaranya di Kabupaten Brebes, meski dia cuti karena mengikuti kampanye Pilkada Jawa Tengah.

"Saya memang dalam posisi cuti kampanye, jadi sifatnya bukan memerintah atau menyuruh, posisi saya sebagai warga jadi ya dalam hal ini memohon atau meminta kepada pihak terkait untuk melakukan penanganan yang diperlukan," kata petahana itu, saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Sabtu.

Dia masih mengikuti rapat kerja nasional PDI Perjuangan di Sanur, Bali. Dia dijawalkan kembali ke Kota Semarang, Sabtu sore.

"Saya maunya segera ke Brebes, tapi saya tidak ingin dikira memanfaatkan atau pencitraan karena yang penting sekarang ini adalah penanganan korban dan koordinasi dan distribusi logistik," ujarnya.

Pranowo yang berpasangan dengan Taj Yasin Maimoen itu juga mengaku tetap memantau situasi di beberapa daerah yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor, di anta ranyadi Kabupaten Brebes.

Bahkan secara aktif memonitor serta mengirim beberapa petunjuk penanganan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan pemangku kepentingan yang terkait.

"Sejauh ini sistem berjalan baik, ketika Brebes terjadi bencana maka BPBD kabupaten sekitarnya otomatis turun membantu," ujarnya.

"Selain longsor Brebes, ada longsor juga di Banjarnegara dan Purbalingga, berdasarkan informasi yang saya terima, sejauh ini logistik sudah cukup, Dinas Bina Marga, PMI, Tagana juga bergerak," katanya.


Pewarta: Wisnu Nugroho
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018