Los Angeles (ANTARA News) - Warna kembali ke karpet merah untuk ajang penghargaan Screen Actors Guild (SAG) pada Minggu malam yang diharapkan dapat merayakan pemberdayaan perempuan di tengah skandal pelecehan seksual yang melanda Amerika Serikat.

Bintang "I, Tonya" Allison Janney yang berbusana metalik perak, aktris "Stranger Things" Millie Bobby Brown dalam gaun pink metalik, hingga Chrissy Metz dari "This is Us" yang datang dengan busana biru cerah termasuk di antara bintang-bintang yang kini mengenakan gaun warna-warni, menanggalkan warna hitam simbol dukungan bagi korban pelecehan seksual di Golden Globes dua pekan lalu.

Meski demikian, acara tahunan di Los Angeles yang memberikan penghargaan bagi prestasi dalam film dan televisi itu akan menonjolkan kekuatan perempuan, dengan 13 penghargaan akan disampaikan oleh para perempuan.

Aktris Chrissy Metz di atas karpet merah malam penganugerahan penghargaan Screen Actors Guild 2018 di Los Angeles, California, Amerika Serika, Minggu (21/1/2018) setempat. (REUTERS/Monica Almeida)

Makan malam gala akan dipandu oleh aktris Kristen Bell. Upacara tersebut berlangsung pada hari kedua dari dua hari demonstrasi ratusan ribu perempuan di seluruh Amerika Serikat.

Tuduhan pelecehan seksual telah membuat puluhan pria berkuasa di Hollywood mengundurkan diri, dipecat atau dikeluarkan dari proyek kreatif.

James Franco dan Aziz Ansari dianggap sebagai jagoan untuk penghargaan SAG dua pekan lalu, namun belum jelas apakah mereka akan menghadiri upacara Minggu.

Franco, nominasi aktor terbaik untuk film komedi indie, "The Disaster Artist", tidak banyak terlihat sejak dia membantah tuduhan pelecehan seksual dari lima perempuan, yang menurut dia "tidak akurat."

Ansari, yang dianggap sebagai calon pemenang dari serial komedi Netflix "Master of None", menjadi topik berita utama setelah seorang perempuan merasa tidak nyaman setelah berkencan dengannya tahun lalu. Ansari mengatakan dia percaya aktivitas seksual yang mereka lakukan adalah kesepakatan dua pihak.

Meski para perempuan tidak lagi beramai-ramai mengenakan busana hitam, banyak film dan acara TV dalam acara penghargaan itu memiliki sudut pandang perempuan kuat.

Aktris Millie Bobbie Brown di atas karpet merah malam penganugerahan penghargaan Screen Actors Guild 2018 di Los Angeles, California, Amerika Serika, Minggu (21/1/2018) setempat. (REUTERS/Monica Almeida)

Komedi "Three Billboards Outside Ebbing, Missouri", yang berkisah tentang seorang perempuan yang mencari keadilan atas pembunuhan putrinya, masuk empat nominasi, termasuk untuk penghargaan ansambel terbaik.

Komedi ibu-anak "Lady Bird" mendapat tiga nominasi SAG, ansambel terbaik dan aktris terbaik. Dan drama PD II Netflix "Mudbound" yang disutradarai dan ditulis oleh seorang perempuan serta dibintangi oleh Carey Mulligan dan Mary J. Blige, juga jadi salah satunya.

Penghargaan SAG adalah indikator calon pemenang Oscar karena pemilihnya mayoritas para aktor di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, demikian menurut siaran Reuters.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018