Jakarta (ANTARA News) - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memperkirakan PDI Perjuangan dan Partai Golkar akan bersaing memperebutkan nomor satu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

"Golkar datang merespon dengan Tiga Program Rakyat, detail program dan cara mencapainya setiap daerah menyesuaikan dengan situasi," kata Direktur Eksekutif LSI Denny JA di Jakarta Sabtu.

Denny mengatakan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Partai Golkar menghentak dengan menyerukan seluruh calon kepala daerah yang diusung Golkar pada Pilkada serentak 2018 menyebarkan "Tiga Program Rakyat".

Denny mengungkapkan seluruh calon kepala daerah yang didukung Partai Golkar diminta mensosialisasikan program nasional dengan slogan "Suara Rakyat, Suara Golkar".

Program pertama yang digulirkan Golkar menurut Denny yakni harga sembako terjangkau seperti beras, sagu, jagung, sayuran, telor, daging, gula yang mudah didapat.

"Kepala daerah harus mencari solusi menaikkan daya beli masyarakat," ujar Denny.

Program andalan kedua yaitu memperluas lapangan kerja dan pelatihan untuk mengurangi pengangguran.

Program ketiga yang dijalankan Golkar, ketersediaan rumah yang mudah dengan harga terjangkau bagi rakyat.

"Tiga program rakyat dari Airlangga itu tepat sasaran, wong cilik merupakan segmen pemilih terbanyak," ungkap Denny.

Denny memprediksikan jika program tersebut direalisasikan Partai Golkar maka akan menjadi pesaing PDI Perjuangan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018