... petugas Balawista itu, Febri dan Juan, yang ada di lokasi melihat ada wisatawan yang tenggelam...
Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - personel Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, berhasil menyelamatkan dua wisatawan tenggelam di Pantai Kebonkalapan, Palabuhanratu.

"Kedua korban diketahui bernama Yasin dan Dodi, namun wisatawan ini enggan memberi tahukan alamatnya kepada petugas saat didata," kata Kepala Divisi Operasional dan Latihan Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepulloh, di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, kecelakaan laut di areal Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu itu berawal saat keduanya bermain di sekitar pantai. Namun, lama-kelamaan mereka berenang hingga ke tengah laut.

Korban yang diduga tidak bisa berenang itu terseret arus dan beberapa kali tergulung ombak. Adapun petugas Balawista itu, Febri dan Juan, yang ada di lokasi melihat ada wisatawan yang tenggelam. Mereka langsung memberi pertolongan.

Beruntung nyawa kedua kedua remaja itu bisa diselamatkan dan langsung di evakuasi ke darat serat mendapatkan pengobatan dari petugas medis yang bersiaga.

"Kami selalu memberikan imbauan kepada wisatawan agar saat berenang di pantai tidak terlalu tengah dan berada di zona aman. Namun, kerap kali dilanggar yang akhirnya bisa mencelakai dirinya sendiri," tambahnya.

Asep mengatakan sebelumnya juga seorang bocah bernama Haykal (9) warga Jalan Duren Terusan 12, RT 01/08, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, meninggal dunia setelah hilang tenggelam di Pantai Rawa Kalong, Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kamis, (28/12).

Korban yang jasadnya hilang tenggelam pada pukul 17.30 WIB baru bisa ditemukan sekitar lima jam kemudian atau pukul 22.20 WIB oleh tim SAR gabungan yang dibantu warga sekitar 100 meter dari lokasi kejadian.

Pewarta: Aditia Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017