Johannesburg (ANTARA News) - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma pada Sabtu (16/11) menjanjikan pendidikan tinggi gratis bagi para mahasiswa, beberapa jam sebelum dimulainya konferensi partai ANC untuk memilih penggantinya sebagai ketua partai tersebut.

Biaya pendidikan telah menjadi salah satu topik paling diperdebatkan selama masa kepresidenan Zuma, dengan demonstrasi keras meletus di kampus-kampus seluruh negeri oleh mahasiswa yang menuntut pendidikan gratis.

Zuma akan mundur sebagai ketua partai Kongres Nasional Afrika pada konferensi lima hari yang dimulai di luar Johannesburg, tetapi dia akan tetap sebagai presiden menjelang pemilihan pada 2019.

Pengumuman tentang pendidikan gratis tersebut dapat meningkatkan dukungan dalam pemilihan presiden yang ketat untuk Nkosazana Dlamini-Zuma, mantan istrinya dan penerusnya yang terpilih.

"Pemerintah sekarang akan memperkenalkan pendidikan dan pelatihan bersubsidi gratis untuk mahasiswa miskin dan kelas pekerja Afrika Selatan mulai tahun 2018," kata Zuma dalam sebuah pernyataan.

"Intervensi kebijakan ini akan memungkinkan pemerintah untuk memperluas pendidikan tinggi bersubsidi gratis kepada kaum muda dari lebih dari 90 persen rumah tangga Afrika Selatan."

Perekonomian Afrika Selatan alami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir, dan Zuma tidak memberikan rincian bagaimana rencana tersebut akan didanai, demikian seperti diwartakan AFP.  (hs)



Pewarta: Antara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017