Banjarnegara (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa hingga Sabtu, pukul 02.00 WIB, belum teramati kejadian Tsunami di wilayah terdampak.

"Untuk sementara dapat disampaikan belum teramati kejadian tsunami di daerah terdampak," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara, Sabtu.

Namun demikian, kata dia, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan waspada serta tetap mengikuti arahan pihak terkait / BPBD setempat.

"Terkait waktu pengakhiran potensi tsunami akan dilakukan setelah semua dipastikan aman sesuai hasil analisa BMKG dan SOP yang berlaku di National Tsunami Services Provider (NTWC)," katanya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya gempa signifikan yang berpotensi Tsunami dan dirasakan di sejumlah wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

"Gempa berkekuatan 6,9 SR dengan episenter di Selatan Pulau Jawa," katanya.

Dia menjelaskan, lokasi gempa berada di 11 kilometer Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Selain itu, 45 kilometer Barat Daya Kota Tasikmalaya, 47 kilometer Tenggara Garut, Jawa Barat, 107 kilometer Tenggara Bandung, 226 kilometer Tenggara Jakarta.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017