Karawang (ANTARA News) - Ketua Nasional Demokrat (NasDem) Jabar Saan Mustopa menyatakan bakal calon gubernur Ridwan Kamil telah membentuk Tim Sembilan untuk menentukan pendampingnya pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

"Tim Sembilan terdiri atas akademisi dan perwakilan masyarakat. Tim itu yang akan menentukan calon pendampingnya pada Pilgub nanti," katanya, usai kegiatan "Gowes Sepeda" di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, Tim Sembilan akan melakukan seleksi terhadap sejumlah nama yang muncul selama ini. Untuk batas waktu kerja tim akan berakhir pada akhir Desember dan langsung diumumkan secara resmi pendamping Ridwan Kamil.

"Ada dua hal. Selain penilaian obyektif dan subyektif dari Kang Emil sendiri, juga hasil konvensi dan hasil survey. Siapapun yang lolos dalam proses ini sudah dipastikan menjadi pendamping Kang Emil," kata dia.

Menurut dia, proses uji kepatutan oleh Tim Sembilan akan berakhir Desember nanti dan langsung akan diumumkan, dengan disaksikan partai pengusung.

Dengan diumumkan pendamping ini maka tahapan untuk maju pada Pilgub Jabar menjadi calon gubernur sudah selesai.

"Kita memang tinggal melakukan satu tahapan lagi, menentukan calon wakil gubernur yang akan kita umumkan Desember nanti. Posisi kita sebagai partai koalisi pengusung juga sudah semakin kuat," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017