Bogor (ANTARA News) - Majelis Wali Amanat (MWA) mengumumkan tiga nama Calon Rektor IPB yang terpilih melalui Rapat Pleno Senat Akademik yang berlangsung, Senin.

Pengumuman tiga nama calon rektor disampaikan oleh Ketua MWA IPB Prof M A Chozin usai Rapat Pleno SA IPB yang berlangsung di lantai 6 gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion. Rapat Pleno SA tersebut berlangsung tertutup dan sangat ketat, diikuti 100 persen anggotanya yakni sebanyak 61 orang.

Tiga nama Calon Rektor IPB tersebut yakni Dr Arif Satria, Prof Muh Yusram Massijaya dan Prof Yonny Koesmaryono. Ketiganya menyisihkan tiga nama bakal calon rektor lainnya yang masuk dalam enam nama bakal calon rektor IPB yakni Dr Agus Purwito, Prof Hermanto Siregar, dan Prof Luki Abdullah.

"MWA sebagai forum pengambil keputusan tertinggi IPB, perguruan tinggi berbdan hukum (PTN-BH) akan memilih dan menetapkan rektor terpilih dari tiga calon rektor yang diajukan oleh SA IPB melalui sidang paripurna," kata Chozin.

Pemilihan Rektor IPB telah melalui proses yang cukup panjang dimulai dari penjaringan bakal calon rektor

Sebelum penetapan tiga nama Calon Rektor IPB, terlebih dahulu dilakukan penjaringan bakal calon rektor yang diusulkan dari stakeholders yang ada di kampus IPB.

Selanjutnya terpilih 24 nama bakal calon rektor pada bulan Juli lalu. Dari 24 nama tersebut akan diseleksi dan dipilih menjadi enam nama melalui mekanisme Rapat Pleno Senat Akademik IPB yang dilangsungkan 24 September lalu.

Kini pemilihan rektor IPB mulai memasuki babak akhir, dari tiga nama yang ditetapkan dan dipilih melalui mekanisme Rapat Pleno Senat Akademik, untuk selanjutnya diserahkan kepada MWA selaku pengambil keputusan tertinggi IPB.

Chozin menyebutkan rencana proses pemilihan rektor terpilih IPB untuk periode 2017-2022 akan dilaksanakan antara tangga 13-17 November 2017 mendatang.

"Pemilihan rektor terpilih dilakukan melalui Sidang Paripurna MWA yang jadwalnya masih kita atur karena disesuaikan dengan waktu Menristekdikti sebagai salah satu anggota MWA," kata Chozin.

Pengumuman tiga nama calon rektor IPB dihadiri pula Ketua Senat Akademik Prof Tridoyo Kusumastanto, didampingi Wakil Ketua MWA Ahmad Mukhlis Yusuf, Sekretaris SA Dr Sudrajat dan Sekretaris MWA Prof Rizal Syarif.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017