Bogor (ANTARA News) - Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima 4.185 mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 yang berasal dari berbagai jalur yang diterapkan perguruan tinggi negeri tersebut.

"Sejak tanggal 3 sampai 5 Agustus 2017, IPB melaksanakan registrasi calon mahasiswa baru," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof Yonny Koesmaryono di Bogor, Jumat.

Yonny menjelaskan, pada tanggal 16-18 Mei 2017, IPB telah menerima registrasi 2.172 mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Untuk bulan Agustus ini dibuka registrasi mahasiswa baru selama tiga hari untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jalur Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI), Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), jalur Afirmasi DIKTI (Adik) dan mahasiswa asing.

Registrasi mahasiswa baru tersebut dipusatkan Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga.

Menurut Yonny, untuk hari pertama registrasi calon mahasiswa baru jalur program SBMPTN tercatat sebanyak 1.201 orang dan jalur UTM sebanyak 519 orang.

"Jadi total registrasi hari pertama adalah 1.720 mahasiwa baru," katanya.

Selanjutnya untuk hari kedua, lanjut Yonny, registrasi calon mahasiswa baru untuk jalur BUD sebanyak 210 orang, PIN sebanyak 7 orang, ADik 44 orang, dan mahasiswa internasional 32 orang.

"Total untuk hari kedua sebanyak 293 mahasiswa baru," katanya.

Yonny menambahkan, setelah melakukan registrasi, mahasiswa baru dari lima jalur tersebut, juga mulai masuk Asrama Program Peningkatan Kompetensi Umum (PPKU).

"Selama di asrama inilah para mahasiswa baru ini akan dibina dengan program-program akademik dan multibudaya, sehingga tertanam sikap empati, saling menghormati antar teman yang berasal dari berbagai latar belakang etnis di Indonesia," katanya.

Sementara itu, terkait beasiswa Bidikmisi tahun ini kuota IPB sebanyak 770 orang mahasiswa melalui beasiswa Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi. Kip

Penerimaan mahasiswa baru IPB bertambah dibanding tahun akademik 2016/2017 sebesar 3.600. Penambahan ini karena dibukanya dua program studi yakni Aktuaria di bawah naungan Departemen Matematika, FMIPA dab Prodik Teknologi Hasil Ternak (THT) di bawah naungan Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan (IPTP) Fakuktas Peternakan.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017