Jakarta (ANTARA News) - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengunjungi presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan tersebut, Megawati didampingi Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto dan beberapa pengurus partai serta pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

Sementara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma datang bersama beberapa menteri, termasuk menteri pertanian, menteri kehutanan, dan menteri perindustrian.

Setelah melakukan pertemuan tertutup selama sekitar satu jam hingga pukul 12.15 WIB dengan Presiden Afrika Selatan, Megawati menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Zuma itu merupakan kunjungan balasan.

Megawati menuturkan bahwa ketika menjabat sebagai Presiden dia mengunjungi Afrika Selatan dan  bertemu dengan Thabo Mbeki yang ketika itu menjadi presiden serta mantan Presiden Nelson Mandela.

"Kunjungan Presiden Afrika Selatan saat ini adalah kunjungan yang bukan bicara dari negara ke negara, tapi kunjungan pada level yang lain," katanya.

Putri proklamator Indonesia Soekarno itu menambahkan bahwa dia dan Presiden Zuma membicarakan kerja sama antara PDI Perjuangan dan ANC, partai Jacob Zuma.

Baca juga: (Zuma: KTT pertama tonggak penting sejarah IORA)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017